Thursday, March 1, 2012

Indonesia Kalah 10-0 melawan Bahrain


JAKARTA--MICOM: Kekalahan 10-0 Indonesia dari Bahrain merupakan kekalahan terburuk skuat Merah Putih sejak 1934. Kekalahan itu memancing hujatan dari banyak pihak lewat berbagai jejaring sosial seperti Twitter dan Facebook.

Keputusan PSSI yang mengirimkan para pemain U-23 harus dibayar mahal. Para pemain muda yang diharapkan mendapatkan pengalaman malah diberi hadiah pahit oleh Bahrain dengan kekalahan telak tersebut.

Ari Fahrial Syam, praktisi medis yang mengaku pendukung berat timnas itu memandang kekalahan itu bisa menimbulkan trauma berkepanjangan bagi para pemain yang tampil dalam laga melawan Bahrain itu.

"Mereka akan sulit tidur dan tidak nafsu makan. Gol-gol Bahrain, suasana di lapangan dan ketidakberdayaan untuk bisa melakukan perlawanan akan selalu menjadi mimpi buruk buat para pemain muda kita," ujar Ari.

"Kondisi stress ini akan mencetuskan stress lain yang mungkin sudah ada sebelumnya.  Apalagi jejaring sosial, media cetak dan media elektronik menghujat kekalahan ini," imbuhnya.

Karenanya, kata Ari, faktor psikologis para pemain harus menjadi perhatian para pengurus PSSI.

"Mereka harus segera didampingi psikolog bahkan mungkin psikiater agar kondisi mental mereka bisa segera bangkit dan bisa memberikan yang terbaik bagi Indonesia di masa depan," pungkas Ari. (OL-12)

sumber : http://www.mediaindonesia.com/read/2012/03/01/302249/150/4/Kalah-10-0-Pemain-Timnas-Harus-Segera-Dapat-Bantuan-Psikologis

0 comments:

Post a Comment